Tupoksi

Posted by:

PERATURAN BUPATI JEPARA NOMOR 39 TAHUN 2010 TENTANG PENJABARAN TUGAS DAN FUNGSI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN JEPARA

SUSUNAN ORGANISASI

1. Kepala;
2. Sekretariat, yang membawahi:
  a) Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;
  b) Sub Bagian Keuangan;
  c) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
3. Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata, yang membawahi :
  a) Seksi Pengembangan Destinasi Wisata;
  b) Seksi Pemasaran Pariwisata;
4. Bidang Pengembangan Karimunjawa, yang membawahi :
  a) Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Wisata;
  b) Seksi Pengembangan Potensi Wisata;
5. Bidang Kebudayaan, yang membawahi :
  a) Seksi Sejarah, Kepurbakalaan dan Nilai Tradisi;
  b) Seksi Pelestarian dan Pengembangan Kesenian dan Budaya;

 

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Pariwisata dan Kebudayaan.

1. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai tugas memimpin dan bertanggungjawab atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas
  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai fungsi :
    a. perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
    b. penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum sesuai dengan lingkup tugasnya;
    c. pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya;
    d. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan kegiatan surat-menyurat, perjalanan dinas, perlengkapan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, pemeliharaan dan penyusunan program, evaluasi dan laporan.
  Sekretariat mempunyai fungsi :
    a. perencanaan, evaluasi dan laporan ;
    b. penyelenggaraan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggan dan perjalanan dinas, ;
    c. pengelolaan urusan kepegawaian, keuangan dan dokumentasi ;
    d. penyajian bahan kebijakan pimpinan;
    e. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya .
3. Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi mempunyai tugas menyusun rencana dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan serta laporan Instansi.
  Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi mempunyai fungsi :
    a. perencanaan kegiatan dan pengendalian program kerja ;
    b. penyusunan dan mengkoordinasikan penyusunan Rencana Strategis, Penetapan Kinerja, Rencana Kerja dan Anggaran serta Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah;
    c. pelaksanaan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan laporan-laporan insidentil;
    d. pelaksanaan pengumpulan, penelitian, analisa, pengelolaan, penyajian data dan menyiapkan bahan laporan kinerja Dinas serta menyusun bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana;
    e. penyusunan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
    f. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Perencanaan Keuangan dan program kegiatan, penelitian dan membuat pelaporan kegiatan Dinas;
    g. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya;
    h. pengkoordinasian pelaksanaan tugas secara internal dan sesuai lingkup tugasnya;
    i. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja sesuai lingkup tugasnya;
    j. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai lingkup tugasnya;
    k. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya;
    l. penyelenggaraan kegiatan administrasi Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi ;
    m. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.
4. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan administrasi penata usahaan keuangan, pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban administrasi keuangan
  Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :
    a. perencanaan keuangan Dinas;
    b. penyusunan anggaran belanja langsung dan tidak langsung;
    c. pelaksanaan kegiatan perbendaharaan meliputi pembukuan, verifikasi, rekapitulasi dan dokumentasi pelaksanaan belanja langsung dan tak langsung;
    d. penyusunan laporan perhitungan dan pertanggungjawaban keuangan;
    e. pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
    f. pelaksanaan dan pengkoordinasian pengelolaan administrasi keuangan dan akuntansi Dinas;
    g. pembuatan laporan sesuai dengan bidang tugasnya;
    h. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang keuangan;
    i. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya;
    j. pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas sesuai lingkup tugasnya;
    k. pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja sesuai lingkup tugasnya;
    l. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai lingkup tugasnya;
    m. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya;
    n. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.
5. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan surat menyurat, kearsipan, kerumahtanggaan, perjalanan dinas, perlengkapan, dan kepegawaian.
  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :
    a. penyusunan rencana anggaran kebutuhan barang;
    b. penyusunan data dan administrasi inventaris Dinas;
    c. pelaksanaan ketatalaksanaan umum meliputi administrasi umum, surat menyurat, kearsipan dan administrasi kepegawaian;
    d. pelaksanaan kegiatan rumah tangga dan perjalanan dinas;
    e. pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana perkantoran;
    f. pelaksanaan pengelolaan barang inventarisasi Dinas;
    g. pengurusan mutasi, diklat, kesejahteraan pegawai, hak dan kewajiban pegawai;
    h. pelaksanaan tugas pembinaan administrasi umum dan kepegawaian;
    i. pelaksanaan koordinasi secara internal di lingkungan unit kerja;
    j. pelaksanaan kehumasan dan keprotokolan;
    k. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Umum dan kepegawaian;
    l. pemberian saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasannya untuk menyelesaikan masalah sesuai lingkup tugasnya.
    m. pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas sesuai lingkup tugasnya.
    n. penyiapan bahan penyusunan laporan kinerja dan keuangan sesuai bidang tugasnya;
    o. pelaksanaan monitoring dan evaluasi, dan membuat laporan kinerja sesuai lingkup tugasnya;
    p. pelaksanaan pembinaan, penilaian dan evaluasi kinerja bawahannya
    q. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.
6. Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata mempunyai tugas melaksanakan upaya pengembangan, pembangunan, pengelolaan dan pemeliharaan serta pengawasan sarana prasarana dan obyek pariwisata,   industri serta promosi pariwisata.
  Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata mempunyai fungsi :
    a. pengembangan dan pembangunan kepariwisataan;
    b. pengelolaan obyek wisata, tempat rekreasi;
    c. pemeliharaan dan pembinaan sarana dan prasarana wisata serta kerjasama kepariwisataan;
    d. pelaksanaan promosi, rekomendasi perijinan dan pengawasan dibidang pariwisata;
    e. pengumpulan dan pengolahan data;
    f. penyusunan pedoman / rancangan petunjuk pelaksanaan di bidangnya;
    g. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya;
    h. bimbingan teknis di bidangnya;
    i. penyelenggaraan kegiatan administrasi Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata;
    j. pelaksanaan tugas-tugas lainyang diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sesuai tugas dan fungsinya.
7. Seksi Pengembangan Destinasi Wisata  mempunyai tugas melakukan pengumpulan, penganalisaan dan penyusunan rencana program serta pelaksanaan kegiatan pengembangan destinasi wisata.
  Seksi Pengembangan Destinasi Wisata  mempunyai fungsi :
    a. pengumpulan dan pengolahan data di bidangnya ;
    b. pelaksanaan pembangunan sarana, prasarana, obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi serta hiburan umum ;
    c. pelaksanaan perintisan obyek dan kegiatan wisata ;
    d. Pelaksanaan kerjasama internasional pengembangan destinasi pariwisata skala Kabupaten;.
    e. Pelaksanaan kerjasama pengembangan destinasi pariwisata skala kabupaten;
    f. Monitoring dan evaluasi pengembangan pariwisata skala kabupaten;
    g. pemantauan dan evaluasi kegiatan pengembangan destinasi wisata ;
    h. pelaksanaan kerjasama pengembangan destinasi wisata ;
    i. penyusunan laporan dan evaluasi di bidangnya;
    j. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya ;
    k. pembinaan dan pemeliharaan di bidangnya ;
    l. pembinaan obyek wisata, sarana prasarana, atraksi wisata, rekreasi dan hiburan umum, tenaga kerja pariwisata serta usaha perhotelan, restoran dan sejenisnya ;
    m. pemantauan dan evaluasi kegiatan obyek wisata, atraksi wisata dan rekreasi serta hiburan umum dan tenaga kerja pariwisata ;
    n. peningkatan kwalitas sarana, fasilitas penunjang dan pelayanan pariwisata ;
    o. penyelenggaraan pemungutan retribusi pada obyek wisata dan kawasan wisata ;
    p. penetepan inventarisasi obyek dan kawasan ;
    q. pengaturan dan pengelolaan obyek serta daya tarik wisata;
    r. rekomendasi perijinan di bidang pengusahaan obyek wisata, atraksi wisata, rekreasi , hiburan umum, serta usaha perhotelan, restoran dan sejenisnya;
    s. bimbingan teknis di bidangnya ;
    t. pelayanan dan penyelenggaraan administrasi Seksi Pengembangan Destinasi Wisata  ;
    u. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata sesuai tugas dan fungsinya.
8. Seksi Pemasaran Pariwisata mempunyai tugas menyiapkan dan menyusun rencana serta melaksanakan program kegiatan dibidang pemasaran pariwisata.
  Seksi Pemasaran Pariwisata mempunyai fungsi :
    a. Pengembangan sistem informasi pemasaran pariwisata skala kabupaten;
    b. Penerapan branding pariwisata nasional dan penetapan tagline pariwisata skala kabupaten;
    c. pengaturan dan pengelolaan obyek serta daya tarik wisata;
    d. rekomendasi perijinan di bidang pengusahaan obyek wisata, atraksi wisata, rekreasi , hiburan umum, serta usaha perhotelan, restoran dan sejenisnya;
    e. pelaksanaan promosi produksi wisata dan penyuluhan wisata ;
    f. Pengadaan sarana pemasaran skala Daerah.
    g. Pengembangan sistem informasi pemasaran pariwisata skala Daerah;
    h. penyelenggaraan kampanye sadar wisata sapta pesona ;
    i. pemantauan dan evaluasi kegiatan Promosi pariwisata ;
    j. pelaksanaan kerjasama promosi pariwisata ;
    k. bimbingan teknis di bidangnya;
    l. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya;
    m. penyelenggaraan administrasi Seksi Pemasaran Pariwisata;
    n. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata sesuai tugas dan fungsinya.
9. Bidang Pengembangan Karimunjawa mempunyai tugas merencanakan penyelenggaraan kegiatan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan sosial budaya serta perekonomian masyarakat dan kepulauan Karimun jawa dalam rangka menunjang pariwisata.
  Bidang Pengembangan Karimunjawa mempunyai fungsi :
    a. penyiapan dan penyusunan rencana kegiatan bidang pengembangan Karimunjawa dalam rangka menunjang pariwisata;
    b. pengkoordinasian perencanaan dan pengembangan Karimun jawa dalam rangka menunjang pariwisata;
    c. penyelenggaraan pengembangan Karimun jawa dalam rangka menunjang pariwisata;
    d. pelaksanaan analisa dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Karimun jawa dalam rangka menunjang pariwisata;
    e. penyusunan laporan pelaksanaan pengembangan Karimun jawa dalam rangka menunjang pariwisata;
    f. pelaksanaan kerja sama dan koordinasi kegiatan di bidangnya ;
    g. bimbingan teknis di bidangnya ;
    h. penyelenggaraan kegiatan administrasi Bidang Pengembangan Karimunjawa;
    i. pelayanan umum di bidangnya;
    j. pengumpulan dan pengolahan data ;
    k. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sesuai tugas dan fungsinya ;
10. Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Wisata mempunyai tugas menyusun, mengkoordinasikan dan melaksanakan pengembangan sarana prasarana wisata, seni budaya dan kehidupan budaya masyarakat Karimunjawa dalam rangka menunjang pariwisata.
  Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Wisata mempunyai fungsi :
    a. penyiapan dan penyusunan rencana kegiatan di bidang pengembangan sarana prasarana, seni budaya dan kehidupan budaya masyarakat dalam rangka menunjang pariwisata;
    b. pelaksanaan   kegiatan pengembangan sarana prasarana wisata
    c. pelaksanaan kegiatan pengembangan di bidang budaya masyarakat dalam rangka menunjang pariwisata;
    d. pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
    e. pengumpulan dan pengolahan data ;
    f. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya ;
    g. penyelenggaraan kegiatan administrasi Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Wisata;
    h. kerjasama pengembangan di bidangnya ;
    i. pelaksanaan tugas-tugas lain yang di berikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Karimunjawa sesuai tugas dan fungsinya.
11. Seksi Pengembangan Potensi Wisata mempunyai tugas menyusun, mengkoordinasikan dan melaksanakan pengembangan potensi wisata Karimunjawa.
  Seksi Pengembangan Potensi Wisata mempunyai fungsi :
    a. penyiapan dan penyusunan kegiatan pengembangan potensi Karimun jawa dalam rangka menunjang pariwisata;
    b. penetapan kebijakan kabupaten dalam pengembangan sistem informasi pengembangan potensi pariwisata karimunjawa;
    c. pengumpulan dan pengolahan data ;
    d. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya ;
    e. penyelenggaraan kegiatan administrasi Seksi Pengembangan Sarana Prasarana Wisata;
    f. pelaksanaan tugas-tugas lain yang di berikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Karimun jawa sesuai dengan tugas dan fungsinya.
12. Bidang Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan upaya pengembangan, pengelolaan dan pemeliharaan serta pengawasan sarana prasarana keseian dan kebudayaan masyarakat.
  Bidang Kebudayaan mempunyai fungsi :
    a. pengembangan kebudayaan;
    b. Monitoring dan evaluasi pengembangan perfilman skala Daerah ;
    c. Penerapan kebijakan penyelenggaraan dan pengelolaan museum ;
    d. penyusunan pedoman / rancangan petunjuk pelaksanaan di bidangnya;
    e. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya;
    f. bimbingan teknis di bidangnya;
    g. penyelenggaraan kegiatan administrasi Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata;
    h. Pengembangan dan pelestarian kesenian:
    i. Pembinaan penghayat terhadap Tuhan YHE;
    j. Pemeliharaan dan Pengelolaan BCB dan situs kepurbakalaan;
    k. pelaksanaan tugas-tugas lainyang diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sesuai tugas dan fungsinya.
13. Seksi Sejarah, Kepurbakalaan dan Nilai Tradisi mempunyai tugas menyiapkan dan menyusun rencana serta melaksanakan program kegiatan dibidang Sejarah, Kepurbakalaan dan Nilai Tradisi
  Seksi Sejarah, Kepurbakalaan dan Nilai Tradisi mempunyai fungsi :
    a. penyiapan dan penyusunan rencana kegiatan di bidang sejarah, kepurbakalaan dan nilai tradisi;
    b. pelaksanaan kegiatan di bidang sejarah, kepurbakalaan dan nilai tradisi;
    c. pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
    d. pengumpulan dan pengolahan data ;
    e. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya ;
    f. penyelenggaraan kegiatan administrasi Seksi Sosial Budaya Masyarakat ;
    g. kerjasama pengembangan di bidangnya ;
    h. pelaksanaan tugas-tugas lain yang di berikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan sesuai tugas dan fungsinya.
14. Seksi Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Budaya mempunyai tugas menyiapkan dan menyusun rencana serta melaksanakan program kegiatan dibidang Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Budaya
  Seksi Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Budaya mempunyai fungsi :
    a. penyiapan dan penyusunan rencana kegiatan di bidang pelestarian dan pengembangan kesenian budaya;
    b. pelaksanaan kegiatan di bidang pelestarian dan pengembangan kesenian budaya;
    c. pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
    d. pengumpulan dan pengolahan data ;
    e. koordinasi kegiatan-kegiatan di bidangnya ;
    f. penyelenggaraan kegiatan administrasi Seksi Sosial Budaya Masyarakat ;
    g. kerjasama pengembangan di bidangnya ;
    h. Pelaksanaan pembinaan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME;
    i. pelaksanaan tugas-tugas lain yang di berikan oleh Kepala Bidang Kebudayaan sesuai tugas dan fungsinya.